mengatasi anak susah makan

Kekhawatiran ibu terhadap anak memang tak ada akhirnya. Ketika anak masih dalam kandungan, ada kekhawatiran janinnya tidak memiliki anggota tubuh yang sempurna atau mempunyai kelainan-kelainan lainnya. Setelah beberapa saat dilahirkan, ibu khawatir, jangan-jangan anaknya tidak bisa bersuara jika pada saat dilahirkan suara tangisnya tidak begitu lepas.

Bayi yang lagi terlelap tidur pun terus ditunggui karena takut terbangun ketika kita sebagai ibunya lagi mengurusi urusan lain di ruangan lain sehingga tidak terdengar. Begitupun ketika anak sudah mulai bisa makan, ibu sering khawatir ketika anaknya susah makan. Banyak cara dilakukan untuk mengatasi anak susah makan.

Berikut adalah cara-cara yang patut dicoba untuk mengatasi anak susah makan.

  • Mengajak anak dalam kegiatan menyiapkan makanan. Anak memang belum mampu membantu menyiapkan makanan. Namun, melibatkan anak pada kegiatan menyiapkan makanan apapun bentuknya yang disesuaikan dengan kemampuannya akan mendorong anak untuk menyipi makanan-makanan yang kita buat dengan melibatkannya. Misalnya saja anak hanya disuruh mencuci satu jenis sayuran saja.
  • Jangan sekali-kali menjanjikan makanan yang dia inginkan jika dia memakan makanan yang kita sediakan. Karena anak pasti akan menagih janji kita. Misalnya saja ketika anak bisa memakan makanan yang kita sajikan dijanjikan dibelikan jajanan dari warung. Hal itu pola asuh yang kurang baik untuk anak. Anak akan terbiasa meminta pamrih atas segala prestasi yang telah dibuatnya. Berkanlah dia pengertian jika dia tidak memakan makanan sehat. Dengan demikian, dia akan belajar tentang hidup sehat dan belajar menyayangi dirinya sendiri.
  • Berikanlah minum setelah selesai makan. Jangan karena takut makanan yang sudah berada di mulutnya tidak tertelan, kita memberinya minum di sela-sela makan. Karena dengan banyak minum, kapasitas perut untuk menerima makanan sehat semakin terbatas. Jangankan dengan posisi perut terisi, dalam keadaan perut kosong pun, anak yang susah makan sangat sulit untuk diberikan makanan sehat.

Itulah tiga cara mengatasi anak susah makan yang terkait dengan pola asuh ibu di rumah. Selain tiga cara di atas, ibu dapat mengatasinya dengan mencari tahu apa penyebab sehingga anak kita sulit makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>