perkembangan janin dari minggu ke minggu

Sekarang ini di dalam rahim seorang ibu, telah tumbuh seorang calon buah hati yang kelak akan menjadi generasi penerus keluarga dan juga bangsa. Dalam minggu ini termasuk dalam minggu yang paling penting untuk diketahui perkembangannya karena organ vital mulai terbentuk. Di umur ini janin 1-5 minggu, si kecil sedang bertumbuh seukuran antara 5-7 mm atau sebesar kacang polong. Untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan janin dari minggu ke minggu maka perlu dan selalu menjaga kondisi tubuh selalu sehat dan tidak stress.

Sedangkan pada usia pekembangan janin pada minggu yang ke-5 ini, janin telah memiliki detak jantung sendiri dan mulai membentuk sebuah dasar kerangka sumbu badan, lalu otak serta jantung. Begitu juga, sistem peredaran darah pada jantung dan sistem syaraf sekarang sudah dimiliki oleh si kecil. Bahkan, plasenta serta tali pusat sudah bekerja secara optimal untuk mengirimkan asupan nutrisi.

Yang Harus Ibu Lakukan Semasa Perkembangan Janin Berusia 1-5 Minggu

Pada masa periode kehamilan janin yang usia 1-5 minggu, seorang ibu perlu mengonsumsi makanan-makanan bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan kalori yang terus meningkat 180 kkal disetiap harinya. Pada trimester awal, serta umumnya morning sickness belum begitu terasa. Namun, jika ibu mengalami yang namanya morning sickness, ibu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi selagi masih segar dan hangat secara teratur dalam porsi kecil namun rutin.
  2. Banyak minum air untuk melawan atau menghilangkan  rasa mual dan lelah.
  3. Selalu menjaga postur duduk tetap tegak selama 10 sampai 20 menit setelah makan untuk menghindari refluks lambung dan heartburn.
  4. Jahe ialah pereda rasa mual yang alami. Cobalah untuk makan permen jahe, minum air jahe atau pun menghirup aroma jahe untuk mengatasi yang namanya morning sickness dengan aman.

Demikian ulasan mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu. mudah-mudahan artikel tersebut dapat menjadi reverensi pengetahuan tentang perkembangan bayi dalam kandungan. Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>