2017

Persalinan Lancar Dengan Jalan Kaki Pagi

0

Usia kehamilan yang sudah memasuki trimester ketiga atau akhir pasti akan membuat ibu hamil untuk siap-siap dalam proses persalinan. Umumnya banyak orang yang akan memberikan banyak saran untuk membantu proses persalinan Anda. Saran yang diberikan bisa dari orang terdekat yang sudah berpengalaman atau dari tenaga medis. Mereka biasanya akan memberikan saran latihan atau hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum tanda akan melahirkan muncul.

Saran yang diberikan umumnya merupakan saran yang sederhana dan bisa dilakukan dimana saja, contohnya jalan kaki pagi. Hampir kebanyakan orang bahkan tenaga medis seperti bidan sering menyarankan ibu hamil tua untuk rutin berjalan kaki pagi. Lalu apa sih manfaat berjalan kaki pagi untuk proses persalinan

       Memperkuat Otot saat Proses Persalinan

Pada saat proses persalinan akan banyak sekali otot-otot yang bekerja dengan sangat keras salah satunya adalah otot panggul. Dengan berjalan kaki secara rutin setiap pagi terutama pada trimester ketiga akan membantu melenturkan dan memperkuat otot panggul pada saat proses persalinan.

      Ibu Hamil lebih Bugar

Berjalan kaki akan membantu ibu hamil agar lebih bugar. Kondisi ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dalam proses persalinan. Apalgi ibu hamil yang sering melakukan senam atau latihan fisik lainnya akan lebih cepat melewati proses persalinan.

      Menghindari Resiko Kehamilan yang Bermasalah

Anda tentunya tidak ingin proses persalinan bermasalah bukan? Dengan melakukan gerakan yang teratur setiap pagi salah satunya berjalan kaki dapat membantu mengurangi resiko pre-eklamsia atau kondisi dimana ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, peningkatan protein pada urin dan terjadinya edema atau pembengkakan pada bagian kaki.

       Mengurangi Stress Fisik dan Mental

Sama halnya seperti berolahraga, berjalan kaki di pagi hari memiliki manfaat memberikan ketenangan secara mental salah satunya dengan melepaskan ketegangan pada mental ibu hamil. Selain itu gerakan yang teratur membuat Anda merasakan relaksasi pada fisik. Hal ini karena berjalan kaki tidak membuat tubuh ibu hamil merasakan kelelahan secara berlebih.

      Kualitas Tidur Lebih Terjaga

Kita ketahui bahwa ketika hamil tua kualitas tidur kadang tidak terlalu baik karena kondisi tubuh dan bayi yang semakin membesar. Dengan melakukan jalan kaki di pagi hari akan mengurangi masalah susah tidur sehingga kualitas tidur Anda tetap terjaga.

       Kenaikan Berat Badan yang Normal

Dengan berjalan kaki, Anda secara tidak sadar sedang melakukan olahraga yang bisa menyehatkan fisik dan juga menjaga tubuh Anda salah satunya dengan menjaga kenaikan berat badan. Wajar ketika hamil Anda mengalami kenaikan berat badan, namun pastikan kenaikan berat badan tersebut masih dalam batas normal dalam arti tidak membuat Anda atau si bayi terlalu besar. Maka dari itu berjalan kaki dapat memberikan manfaat untuk menjaga kenaikan berat badan secara normal.

Itulah 6 manfaat berjalan kaki di pagi. Lakukanlah jalan kaki secara rutin setiap pagi sebelum tanda akan melahirkan terasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.