SUS Gedebage

Pada musim ini Persib Bandung menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai homebasenya. Fasilitas yang berada di Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau yang dulu dikenal dengan sebutan SUS Gedebage memang terbilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas penunjang seperti tempat duduk penonton yang nyaman, kualitas rumput yang baik serta lahan parker yang cukup luas terdapat di Stadion tersebut.  Adapunjumlah penonton yang dapat ditampung adalah 38.000 orang namunjika da;am keadaan berdiri bisa samapai 70.000 orang lebih. Selain itu hal lain yang menjadi pertimbangan Persib Bandung menjadikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api sebagai markasnya adalah akses yang bisa ditempuh cukup dekat dan mudah. Penamaan Stadion Bandung Lautan Api terjadi setelah adanya polling yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Meskipun dalam proses pembangunannya sempat bermasalah karena terindikasi terjadi penyelewengan dana yang membuat terjadi kerusakan dan amblas di beberapa titik, pada akhirnya pembangunan SUS Gedebage yang dikini telah resmi berubah nama menjadi Stadion Gelora Bandung Lautan Api tetap dilanjutkan.

Terlepas dari kemegahan dan lengkapnya fasilitas yang terdapat di Stadion. Kini muncul masalah baru yang harus segera dipecahkan oleh pihak-pihal terkait, yaitu masalah keamanan.  Untuk keamanan di dalam stadion dirasa sudah cukup meskipun masih ada yang harus diperbaiki dan ditingkatkan, hal ini karena keamanan di dalam stadion sudah mengerahkan keamanan yang di bantu oleh aparat kepolisian dan juga ormas-ormas yang menjaga parker TNI untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun keamanan di luar Satdion yang menjadi banyak keluhan dari bobotoh.  Seperti biaya parkir yang terlampau mahal baik itu untuk kendaraan roda dua maupun roda empat yang terpaksa harus dibayar oleh bobotoh kepada ormas-ormas yang mengaku berasala dari kawasan Gedebage. Selain itu masih banyak kasus-kasus kriminal lain yang menyebabkan banyak bobotoh merasa kurang nyaman ketika berangkat ke stadion.  Dalam beberapa pertandingan laga kandang Persib yang digelar di Stadion Gelora Bandunng Lautan Api terjadi kasus pencurian sepeda motor, sparpart motor/mobil, bahkan sempat terjadi pemerasan di sertai pembacokan.

Dengan terjadinya kasus-kasus diatas sempat terjadi wacanadi kalangan bobotoh yang menginginkan pertandingan laga kandang Persib di gelar kembali di Stadion Si Jalak Harupat Soreang. Meskipun daerahnya berada cukup jauh dari pusat kota dan fasilitas jalannya juga tidak cukup lebar, namun bobotoh merasa nyaman ketika menonton disana karena minimnya tindak criminal di area stadion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>