cara mendidik anak

Anak terlahir dengan kelebihan dan potensinya masing-masing. Seringkali kita mendengar bahwa setiap anak itu merupakan makhluk yang sangat unik. Hal ini dikarenakan anak memang memiliki karakternya sendiri. Jadi apapun seorang anak itu akan sangat bergantung pada lingkungannya, terutama lingkungan terdekatnya yaitu kedua orang tua. Maka ketika anak kita dicap sebagai anak nakal, sebagai orang tua kita harus instropeksi diri apakah cara mendidik anak yang kita terapkan sudah tepat ?.

Pada dasarnya tidak ada anak yang nakal. Yang ada adalah anak yang memiliki energi berlebih. Ketika kegiatan yang dilakukannya tidak dapat memfasilitasi kelebihan energinya maka ia akan mencari aktivitas lain yang dapat menyalurkan energi tersebut. dan terkadang aktivitas tersebut menggangu lingkungannya sehingga disebut nakal. Oleh karena itu menerapkan cara mendidik anak yang tepat akan menghindarkan buah hati Anda dicap sebagai anak nakal. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

cara mendidik anak

            Kenali Potensi Buah Hati Anda

Dengan mengenali potensi buah hati Anda, maka Anda akan dapat mengarahkannya ke arah yang lebih posistif dan sesuai dengan keinginannya. Bukan tidak mungkin sikap nakal yang ditujukkan buah hati Anda adalah sebagai wujud protesnya akan ketidak sesuaikan minat ataupun potensi yang dimilikinya.

            Berikan Tauladan

Cara mendidik anak yang paling efektif dan ampuh adalah dengan memberikannya contoh langsung atau tauladan. Dengan cara ini Anda tidak harus bersusah payah menerapkan berbagai jenis pendidikan yang hendak Anda kenalkan. Karena anak merupakan makhluk penurun nomor satu di dunia.

           Tidak Memberikan Hukuman Fisik

Ketika buah hati Anda melakukan kesalahan, pastikan ia menyadari akan kesalahan yang dilakukannya. Sehingga ia siap menerima konsekuensi dari kesalahan yang dilakukannya. Dan hindarilah memberikan hukuman secara fisik ke pada anak ketika ia berbuat salah. Hal itu akan menjadikan anak lebih agresif dan menjadi nakal kelak di kemudian hari.

Dengan melakukan beberapa cara mendidik anak tersebut, diharapkan buah hati Anda dapat terhindar dari cap nakal. Untuk mendapatkan informasi dan sharing tentang masalah anak Anda dapat bergabung dengan komunitas dancow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>