pola asuh anak

Di negara jepang yang terkenal akan warganya yang sangat disiplin ternyata di balik itu, sudah di terapkan pola asuh anak yang cukup baik untuk anda terapkan. Menurut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, anda dapat meniru pola asuh anak tersebut, namun harus tetap di sesuaikan dengan lingkugan kita dan sesuai budaya Indonesia.

pola asuh anak

1.DISIPLIN

Anak-anak di negara jepang sangat disiplin. Selain ajaran dari keluarganya, mereka juga menerapkan sistim kedisiplinanya di lingkungan sosialnya seperti di sekolah, pada tetangga dan lain-lain.

Orang-orang di negara jepang sangat percaya bahwa dengan adanya kedisiplinan yang di terapkan oleh orangtua sejak dini tidak akan sulit, asalkan lingkungan di sekitarnya ikut serta dalam mendukung kedisiplinan tersebut. Akibat adanya penerapan tersebut, anak akan terbiasa dalam kedisiplinan dalam berbagai aktivias lingkungan seperti di Sekolah,Kantor dan lain-lain. . 

 2.Bonding yang kuat

Di negara jepang juga ternyata jarang sekali terdapat pengasuh atau baby sister dalam berkeluarga. Peran orang tua lah yang sangat penting dalam mengururs sejak anak lahir hingga tumbuh dewasa.

Yang dimaksud Bonding atau kelekatan antara anak dan sejak 2 tahun pertama anak dilahirkan dalam kehidupanya, hal ini membuat antara orangtua dan anak menjadi lebih dekat dan akan timbul rasa percaya anak kepada orangtuanya. Rasa percaya tersebut membuat anak lebih berani mengemukakan hal-hal yang ada di pikiranya dalam berinteraksi.

3.Mandiri

Anak-anak kecil di jepang saat masih sekolah dasar bisa berangkat sekolah sendiri tanpa di antarkan oleh orangtuanya. Mereka sudah belajar menyiapkan segalanya se dini mungkin, berkat pola asuh anak yang di tuntut sudah bhisa mandiri sedini mungkin seperti mandi, menyiapkan peralatan sekolah, dan lain-lain. Anak-anak di jepang pun sudah di ajarkan melakukan kemandirian dari mulai ke kamar mandi, dan merakit mainan sendiri.

  1. Asupan Makanan

Terakhir yang perlu kita tiru adalah asupan-asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak di jepang. Jadi, ada trik agar anak-anak bisa suka makan sayur adalah dengan menyajikan sayuran tersebut ke mangkuk-mangkuk kecil semenarik mungkin.

Saat tiba waktu istirahat makan, maka sayuran itulah yang akan disajikan pertama kali. Jadi, tidak heran jika anak-anak sekolah di sana sangat lahap sekali makan sayuran dan tentunya sehat dan cerdas berkat asupan nutrisi makanan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>