2017

3 Perbedaan Oli Motor Konvensional dan Sintetis

Bagi Anda pengendara motor, pasti sudah sangat paham bahwa kebutuhan pelumas untuk merawat kendaraan kita sangatlah dibutuhkan. Namun ternyata, pelumas yang beredar dipasaran memiliki dua jenis yang mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Jenis oli tersebut adalah oli konvensional dan oli sintetis. Saat Anda dihadapkan dengan pilihan terbaik untuk pelumas oli motor Anda, jangan pernah ragu untuk memilih oli sintetis untuk perlindungan mesin kendaraan Anda. Mengapa demikian? Simak uraiannya berikut ini.

oli motor
oli motor

Dalam proses pembuatannya, oli sintetis bukan hanya dimurnikan saja, tetapi juga melalui proses penyulingan yang dapat menghilangkan banyak kotoran yang ada bersamaan dengan minyak mentah. Selain itu, proses penyulingan ini juga membuat molekul yang terdapat dalam minyak tersebut diolah agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan modern seperti saat sekarang ini.

Molekul yang telah mengalami proses penyesuaian ini mampu memberikan perlindungan dan kinerja yang lebih baik, belum lagi zat aditif yang ditambahkan di dalamnya, akan mampu untuk menjadi oli motor yang memiliki performa yang jauh lebih baik.

Ada beberapa alasan yang membuat keunggulan oli sintetis lebih baik dari oli konvensional, di antaranya adalah :

1. Mesin akan terjaga kebersihannya

Saat oli melakukan proses dan kinerja, akan terdapat sisa-sisa hasil proses. Dengan menggunakan oli konvensional, sisa proses tersebut akan menghasilan lumpur atau residu yang menumpul yang dapat menganggu efisiensi dan kinerja mesin. Hal ini jika berlangsung terlalu lama akan malah menyebabkan kerusakan pada motor Anda. Berbeda halnya jika Anda menggunakan oli motor sintetis terutama Top 1. Karena komposisi yang ada di dalam Top 1 mampu menekan seminimal mungkin sisa kotoran yang ada. Komposisi dalam Top 1 dirancang dari bahan-bahan terbaik dan pembuatan dengan tekhnologi kualitas tinggi, sehingga akan menghasilkan pelumas yang mampu menjaga kendaraan Anda menjadi lebih awet.

2. Perlindungan dari keausan

Salah satu fungsi dari pelumas adalah memperhalus gesekan yang terjadi pada kinerja mesin. Jika menggunakan pelumas konvensional, jika sudah rusak, makan kemampuannya dalam melindungi mesin dari keausan akan berkurang. Sangat jauh berbeda jika penggunaan dengan oli sintetis Top 1, yang mana mampu menjaga komponen mesin motor Anda dalam jangka waktu yang lama

3. Melindungi motor dari suhu tinggi

Pada saat mesin-mesin kendaraan bekerja, akan selalu menghasilkan suhu tinggi yang menyebabkan mesin menjadi panas, atau dalam keadaan ekstream bisa sangat panas. Dengan menggunakan oli konvensional, suhu panas ini akan menyebabkan pelumas tersebut menguap dan terpecah, sehingga mesin kendaraan Anda bekerja tanpa perlindungan. Berbeda halnya dengan oli sintetis Top 1 yang memang dirancang untuk mampu bertahan dalam suhu tinggi.

Dengan mengetahui perbedaan yang ada di antara dua jenis oli tersebut, Anda sekarang tidak perlu ragu lagi untuk beralih ke oli motor sintetis Top 1 untuk melindungi dan merawat kendaraan Anda agar tahan lama.