2017

Trik Usaha Bisnis Kuliner Rumahan

Setiap hari setiap orang membutuhkan makan, karena itu, bisnis kuliner selalu mudah tumbuh dan bertahan dalam kondisi perekonomian apapun. Belum lagi kemajuan teknologi sekarang ini memberikan kemudahan bagi segala jenis usaha, termasuk bisnis makanan, untuk memperkenalkan produk mereka melalui media sosial. Tidak lagi mementingkan lokasi yang strategis untuk menarik konsumen, bahkan tanpa menggunakan sebuah tempat pun, seperti bisnis kuliner rumahan, Anda tetap bisa sukses dengan usaha yang satu ini.

Bisnis kuliner rumahan memang sangat menjanjikan omset yang sangat besar. Berbeda dengan mereka yang membangun rumah makan atau restoran, tak ada yang dipusingkan dengan alokasi modal untuk kebutuhan penataan ruangan dan penyediaan perabotnya. Anda hanya membutuhkan dapur di rumah Anda yang semuanya pasti memiliki. Maka, yang dipikirkan hanya modal bahan makanan dan juga makanan yant membuat orang akan ketagihan dan kembali membeli.

Banyaknya usaha kuliner yang di pasarkan secara online sekarang ini, membuat persaingan bisnis ini sangat tinggi. Karena itu dibutuhkan kreatifitas yang baik untuk menarik perhatian orang banyak. Walaupun tetap mengutamakan rasa, namun pada saat promosi makanan, tampilanlah yang pertama akan membuat orang tertarik.

Berikut beberapa trik usaha kuliner di media sosial yang bisa menjadi rujukan Anda untuk mempromosikannya.

  • Buat foto yang menarik

Berbisnis melalui rumah membuat Anda harus kreatif dalam memperkenal produk yang dijual. Tampilan adalah hal utama yang akan membuat orang mengenali produk Anda. Untuk itu, Anda sebaiknya memberikan visual yang menunjang akan hal ini. Tidak ada salahnya untuk belajar tentang tekhnik memoto makanan, agar kesan yang ditampilkan pada saat melakukan branding lebih artistik.

  • Unggulkan kelebihan

Jangan hanya menampilkan foto makanan Anda tanpa memberitahu kelebihan apa yang dimiliki oleh produk Anda. Lakukan hal yang beda pada masakan Anda dan perkenalkan hal itu dengan bangga. Sesuatu yang berbeda dan memiliki tampilan yang menarik, biasanya lebih cepat menarik perhatian orang untuk membeli produk Anda.

  • Interaksi setiap saat

Berbeda halnya dengan berjualan dengan memiliki wadah, memperkenalkan produk secara online tidak hanya membutuhkan service pada saat terjadi transaksi saja. Melainkan harus mampu memberikan pelayanan sebelum ataupun sesudah transaksi itu terjadi. Ini juga sangat bagus dalam membentuk konsumen loyal pada produk Anda.

Bisnis kuliner memang butuh perjuangan yang lebih daripada pada usaha-usaha yang lain. Namun begitu, usaha ini menjanjikan keuntungan besar bahkan hingga 100% dari modal yang Anda miliki. Maka itu, jangan pernah ragu untuk memulai dan membangun bisnis kuliner rumahan sekarang juga. Semoga bermanfaat!