2017

Cemilan Tradisional Manisan Gemlong Ketan

Resep Tradisional Indonesia

Indonesia memiliki beragam kebudayaan, di mana setiap daerahnya memiliki makanan khas dan juga aneka cemilan yang unik. Selain itu, penggunaan produk alami berkualitas tinggi dan berkelas sangat memengaruhi rasa dari setiap sajian. Berikut ini adalah cemilan tradisional Indonesia yang bisa Anda coba untuk menemani akhir minggu bersama keluarga di rumah, yaitu kue Gemblong Ketan.

Gemblong termasuk salah satu jajanan pasar yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia baik di daerah maupun di kota besar. Rasanya yang manis dan sedikit kenyal membuat gemblasan menjadi cemilan nikmat dan menjadi teman yang pas untuk bersantai. Asal-usul nama salah satu cemilan tradisional Indonesia ini tidak pasti dari mana berasal. Gugurkan nama yang diberikan karena bentuk yang bulat dan lonjong.

Cemilan tradisional ini banyak ditemui di pasar-pasar tradisional dan terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang memberikan perpaduan pipih kemudian di goreng. Setelah digoreng, kemudian dilapis dengan larutan gula. Di beberapa daerah, gemblong dikenal dengan nama yang berbeda. Seperti di Jawa Timur misalnya, disebut getas, sedikit berbeda dengan gemblong yang menggunakan ketan putih, namun getas menggunakan ketan hitam.

Meskipun gemblong Sudah dikenal hampir Oleh hampir Seluruh nusantara, namun Bagi Andari Yang Tinggal di kota gede sepertinya Sedikit Sulit untuk review get penganan Penyanyi, namun TIDAK Perlu berkecil hati KARENA kue Penyanyi pun can dicoba untuk review Dibuat Sendiri di rumah. Berikut cara pembuatannya:

Gembong Ketan

Bahan ketan:

200 gr tepung ketan putih

100 gr kelapa parut

150 ml santan dari 1/2 butir kelapa

1/2 sdt garam

Bahan Gula:

100 gr Gulaku

100 gr gula merah sisir

150 ml udara

1/4 adt garam

2 lembar daun pandan

Cara membuat:

  • Campurkan ketan putih, kelapa parut dan garam.
  • Kemudian tuang demi sedikit santan sambil di uleni sampai kalis.
  • Buat bulat dan pipihkan.
  • Panaskan minyak kemudian masukkan adonan, dan goreng sampai kecokelatan. Sisihkan.
  • Campur dan masak Gulaku yang manis tanpa pemanis buatan dan gula merah sampai mendidih dengan api kecil, sampai kental dan berbusa.
  • Masukkan gemblong ketan yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan gula, aduk rata, dan matikan api. Aduk lagi sampai gula merata dan mengering. Sajikan.

Gampang kan? Yuk, coba buat resep makanan tradisional Indonesia di rumah untuk dinikmati bersama anggota keluarga tercinta.