2017

Macam Macam Pola Asuh Anak Yang Umum Di Terapkan

Seperti yang kalian tahu bahwa pola asuh anak merupakan salah satu hal penting yang harus di ketahui oleh para orang tua. Karena memang pola asuh orang tua merupakan salah satu hal yang akan membentuk karakter anak. apabila pola asuh yang diberikan oleh orang tua baik maka anak akan tumbuh dengan baik. Tetapi apabila pola asuh yang diberikan oleh orang tua sangat buruk maka hal tersebut akan berdampak buruk pada karakter anak ketika dewasa. Maka dari itu sebagai orang tua kalian harus benar benar berhati hati ketika menerapkan pola asuh di rumah.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa macam pola asuh anak yang umum diterapkan oleh orang tua di indonesia.

Pola Asuh Anak

Pertama, pola asuh demokratis dimana dalam hal ini orang tua memiliki control tertinggi dalam kehidupan buah hati. Namun dalam hal ini orang tua hanya berperan sebagai pengawas bukan sebagai pengatur kehidupan. Artinya apapun yang akan di lakukan oleh anak itu merupakan keputusan anak bukan keputusan orang tua dan orang tua hanya sebagai pengawas.

Kedua, pola asuh otoriter yang merupakan kebalikan dari pola asuh demokratis. Dalam pola asuh ini orang tua mengontrol kehidupan anak dengan sepenuhnya mereka membuat peraturan. Dimana pola asuh anak seperti ini akan mengekang sang anak dan ketika dewasa anak akan cenderung berontak dan melawan kepada orang tua.

Ketiga, pola asuh tidak terlibat di mana dalam pola asuh ini orang tua cenderung menjaga jarak dan kurang tertarik dengan kehidupan anak. para orang tua ini cenderung mengabaikan emosi sang anak tetapi masih memberikan semua kebutuhan sang anak. kebanyakan orang tua ini berasal dari kalangan pekerja keras, orang kantoran yang cenderung mementingkan materi.

Maka dari itu akan lebih baik apabila kalian sebagai orang tua menerapkan system pola asuh anak yang demokratis. Agar anak bisa beraktifitas dan berimajinasi sesuai dengan yang di inginkan sambal orang tua tetap mengawasinya agar tidak kelewat batas.