2017

PT Parna Raya dan Cintanya Kepada Masyarakat

Mungkin bagi sebagian nama PT ini sudah cukup familiar, apalagi jika Anda adalah orang yang bergelut di bidang logistik. Ya, PT yang didirikan oleh  pria bernama Simbolon Marihad Simon ini sudah ada sejak 1972. Ia memulai karirnya dengan bekerja di Pelabuhan Tanjung Priok dan disanalah ia melihat peluang pada usaha transportasi industry, sehingga  ia mulai memasuki dunia usaha dan mendirikan PT Parna Raya.

Pada awalnya, ia hanya mengoperasikan satu truk untuk mengangkut barang dari kapal-kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun kini usahanya telah berkembang ke berbagai sektor. Seiring berjalannya waktu, pria yang biasa disebut dengan Pak SIM ini mencoba melebarkan usahanya.

PT Parna Raya
PT Parna Raya

Beberapa bidang yang coba dijamah adalah bidang minyak-gas, mineral, petrokimia, pipa gas alam, perdagangan, hotel dan juga perkebunan kelapa sawit. Dengan banyaknya bidang usaha ini, tak heran perusahaan semakin maju dan jaya.

Saat ini, relasi Pak Sim juga sudah terjalin hingga luar negeri. Beberapa basis perusahaan juga sudah tersebar di penjuru Indonesia seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Tak hanya itu di luar negeri pun juga sudah dimasuki Pak Sim, seperti Australia, China, dan lain-lain. Hal ini tidaklah membuat PT Parna Raya lupa daratan. PT tahu betul bahwa kebahagiaan hanya dapat dirasakan dengan berbagi cinta kepada sesama.

Nah, bentuk cintanya kepada masyarakat diwujudkan dengan program yang diambilkan dari CSR perusahaan. Diantaranya adalah bantuan budidaya aren dan bantuan biopori. Biopori ini dimaksudkan sebagai kampanye agar masyarakat sadar tentang pentingnya ruang resapan air saat hujan, dan juga mengembalikan kualitas tanah. Yang kedua adalah budidaya pohon aren.

Hal ini bertujuan untuk memberdayakan tanaman aren masyarakat yang sudah banyak ditanam namun tidak terawat dengan baik. Nah, Dengan pelatihan pohon aren ini, maka masyarakat bisa lebih maju dalam memproduksi gula aren atau bisa juga dijadikan minuman lira. Selain itu,

PT Parna Raya juga memperhatikan sektor pendidikan. Bermodal dengan program CSR, parna raya memberikan pelatihan bahasa inggris dan menggandeng British institute. Ini dimaksudkan agar masyarakat paham tentang bahasa inggris dan dapat menggunakannya jika setiap saat diperlukan.

Hal ini tidaklah membuat PT Parna Raya lupa daratan. PT tahu betul bahwa kebahagiaan hanya dapat dirasakan dengan berbagi cinta kepada sesama.