2017

Berita Internasional Tentang Surat Kabar Utama Inggris The Guardian

Berita Internasional Tentang Surat Kabar Utama Inggris The Guardian

Dalam berita internasional terbaru hari ini the guardian mengatakan bahwa 2018 berakhir dengan kartu truf untuk pemerintah Suriah. Di tengah keputusan AS untuk menarik pasukan dan persaingan antara negara-negara Arab untuk membangun kembali hubungan dengan Damaskus. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan penarikan pasukan dari Suriah dengan cepat. The Guardian mengatakan keputusan itu telah mengakhiri potensi ancaman yang berasal dari kehadiran AS yang tidak terbatas di dalam perbatasan Suriah. Pekan lalu, UEA membuka kembali kedutaan besarnya di Damaskus, yang telah ditutup pada 2011.

Dan dilengkapi juga di matamatapolitik.com bahwa Bahrain mengikuti langkah itu dan negara-negara lain, termasuk Kuwait, diperkirakan akan membangun kembali hubungan tahun depan. Dan dikatakan bahwa Liga Arab siap menerima Suriah lagi, tujuh tahun setelah mengusirnya. Menurut The Guardian, perkembangan ini terjadi lima bulan setelah tentara Suriah mungkin membuat keuntungan terbesar melawan teroris sejak perang ketika mengambil alih Dara’a di barat daya. Dara’a, tempat kelahiran penghasutan yang didukung oleh orang asing, telah menjadi benteng terakhir para militan. Kembalinya ke pemerintah menghilangkan segala ancaman terhadap negara, baik secara politik maupun militer, di dekat ibukota.

Secara keseluruhan, perkembangan militer dan diplomatik dalam enam bulan terakhir tidak menyisakan ruang untuk keraguan, bahwa Assad telah secara meyakinkan memenangkan konflik, tulis Guardian. Setelah penyerahan gerilyawan di selatan, dua wilayah berada di luar kendali pemerintah dan keduanya berada di bawah perlindungan kekuatan asing, yaitu, Turki di utara dan Amerika Serikat di timur. Kedua negara NATO memiliki perjanjian dengan Rusia untuk beroperasi di daerah-daerah itu untuk menghindari konfrontasi, yang berarti bahwa Moskow harus menyetujui setiap kemajuan militer. Damaskus dan sekutunya melihat daerah-daerah ini sebagai tempat perlindungan bagi pasukan musuh yang dapat bertahan, dan yang mandatnya dapat berubah untuk berperang melawan negara.

Keputusan Trump yang tiba-tiba mengakhiri masalah itu, kata Guardian. Pemerintah Suriah tidak lagi menghadapi ancaman kehadiran AS yang tidak ditentukan di Suriah timur, kata surat kabar itu. Pekan lalu, penduduk Manbij meminta pemerintah Assad untuk mengambil kembali kota di dekat perbatasan dengan Turki setelah penarikan AS dan pada hari Jumat tentara Suriah telah mencapai garis depan di kota yang sebagian besar didominasi orang Arab di wilayah barat Sungai Eufrat. Itulah pembahasan berita internasional terbaru hari ini yang sudah dimuat dalam laman matamatapolitik.com.