2017

Keseruan dan Manfaat Permainan Olahraga Tradisional

Gobak sodor ialah permainan olahraga tradisional yang seru ketika dimainkan. Peraturan permainan ini pun mewajibkan setiap anak-anak yang mengikutinya untuk membentuk dua tim dengan jumlah anggota 3-5 anggota. Setelah anak-anak membentuk sebuah tim, semua peserta pun nantinya harus membuat sebuah lapangan dengan cara menggaris tanah tempat mereka bermain. Garis ini disebut sebagai garis pertahanan yang dikenal sebagai jenis benteng yang dibentuk dengan enam jenis bagian dengan tiga garis horizontal dan satu garis vertikal.

Permainan olahraga tradisional ini memiliki sebuah peraturan yang sederhana. Peraturan dasarnya adalah mempertahankan sebuah garis pertahanan terakhir dengan cara menghadang atau menghalangi lawan yang sedang berusaha untuk melarikan diri menembus garis pertahanan  yang berusaha untuk meloloskan diri. Jika anggota berhasil meloloskan diri, maka tim akan dianggap sebagai pemenang dan mendapatkan poin. Sedangkan anggota dari tim yang tertangkap atau tersentuh oleh lawan maka akan dianggap kalah dan gugur lalu kemudian bergantian untuk menjaga benteng. Peraturannya ini yang menjadikan gobak sodor banyak diminati bahkan sampai saat ini.

Permainan Olahraga Tradisional

Di sisi lain keseruan permainan olahraga tradisional ini, ternyata gobak sodor pun memiliki kelebihan lainnya yang sangat baik sekali untuk anak – anak. Permainan ini syarat dengan berlari cepat, menggerakan tubuh secara spontan dan menghadang lawan yang nantinya akan dijalani oleh setiap anak yang melakukannya. Maka wajar jika Kementrian Pemuda dan Olahraga kini sudah memasukan gobak sodor ini dalam salah atau bentuk permainan olahraga tradisional yang wajib untuk dilestarikan. Melihat dari manfaatnya, setiap orang tua sangat perlu untuk mengenalkan permainan ini pada anak – anak untuk kembali memainkannya dengan cara mengajak teman – temannya untuk bermain.

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh anak-anak yang memainkan permainan ini adalah gerakan yang dipenuhi dengan otot yang nantinya terbentuk secara alami, tulangnya tumbuh dengan padat dan kuat sehingga bisa menyokong postur tubuh si kecil menjadi semakin tegap dan sebuah permainan yang terbukti bisa melatih si kecil untuk mengambil keputusan secara cepat. Keputusan ini bahkan harus diambil oleh si kecil pada saat mereka sedang bergerak.