2017

Mengenal Istilah Sukuk dan Jenis Investasi Reksa Dana Syariah

Selain istilah efek syariah, saat hendak Investasi Reksa Dana Syariah Anda pasti juga akan mendengar istilah sukuk. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan sukuk ini. Sukuk sendiri bisa dikatakan sebagai obligasi syariah yang kini telah menjadi salah satu pilihan baru bagi para investor saat ini berkat sistemnya yang menarik. Sukuk mampu memberikan imbal hasil atau return yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis-jenis investasi lainnya. 

Dan agar memahami Sukuk lebih mendalam lagi, berikut klikMami dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang telah berhasil meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management di tahun 2018 akan membagikan artikel selengkapnya untuk Anda. 

Investasi Reksa Dana Syariah
Investasi Reksa Dana Syariah

Sistem sukuk pada investasi Reksa Dana Syariah 

Sukuk sendiri lebih mengedepankan sistem imbal hasil yang diberikan dan bisa berupa uang sewa (ujrah) dimana persentasenya sesuai dengan prinsip serta syariah islam, alias tidak mengandung adanya unsur riba. Menariknya, imbal hasil dari sukuk akan terus dibayarkan rutin lewat jangka waktu tertentu beserta nilai pokok pinjaman yang akan dibayarkan saat jatuh tempo. 

Produk Sukuk pada Investasi Dana Syariah 

Bagi para investor, bisa membeli sukuk dari hampir tiap-tiap bank besar entah itu secara nasional maupun bank asing. Bisa juga lewat bank Syariah, maupun berbagai perusahaan sekuritas yang memiliki kredibilitas serta terpercaya, seperti misalnya klikMami dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Beberapa jenis Sukuk pada investasi Reksa Dana Syariah 

  1. Jenis sukuk ijarah 

Sukuk jenis ini diterbitkan lewat perjanjian ataupun adanya akad ijarah. Biasanya ada pihak yang bertindak secara sendiri maupun diwakilkan untuk melakukan penyewaan hak manfaat terhadap sebuah aset kepada pihak lain dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dan disepakati . 

  1. Jenis Sukuk Mudharabah

Jenis Sukuk yang satu ini akan diterbitkan jika ada pihak yang menyediakan modal, serta pihak yang memiliki tenaga serta keahlian untuk mengelolanya. Dan nantinya, keuntungan atas kerja sama tersebut bisa dibagi berdasarkan nisbah, yakni sistem perbandingan yang proporsi  yang telah di dipakai pada saat akad. Dengan kata lain, jika terjadi kerugian maka hal tersebut akan sepenuhnya di tanggung oleh pihak yang menyediakan modal. 

Itulah tadi informasi singkat terkait penjelasan sukuk pada investasi Reksa Dana Syariah.