2017

Pengembangan Industri Indonesia Bidang Sumber Daya Gas Harus Serius

Penyediaan energi dengan minyak bumi sudah harus diganti dengan gas. Makanya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong agar pemerintah segera menyiapkan infrastruktur untuk pembangunan dan pengembangan terminal Liquefied Natural Gas (LNG) atau Gas Alam Cair. Tegasnya, pengembangan industri di Indonesia sektor sumber daya gas harus benar-benar serius. Kadin Indonesia menargetkan pembangunan terminal gas alam cair segera bisa terealisasi di 34 provinsi dalam jangka waktu lima tahun.

Terminal tersebut akan berguna untuk menyimpan pasokan gas yang nantinya bisa didistribusikan secara efisien ke masyarakat melalui pipa-pipa khusus. Pembangunan tersebut diperkirakan akan makan biaya hingga 20 miliar dolar Amerika. Namun, rencana tersebut akan dikoordinasikan lagi dengan pemerintah.

kadin indonesia
kadin indonesia

Sebab, pastinya pembangunan pipa-pipa gas untuk distribusi gas cair akan bersinggungan dengan proyek infrastruktur yang juga tengah gencar diupayakan oleh pemerintah. Kadin bahkan berharap proyek infrastruktur dan pembangunan pipa gas bisa sejalan seirama.

Makanya, Kadin secara aktif berpartisipasi dalam rancangan pembuatan rincian atau kajian pembangunan LNG Terminal tersebut agar seirama dengan program kementerian terkait. Adapun kementerian yang dimaksud yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Ekonomi serta BUMN seperti Perusahaan Listrik Negara.

Dengan adanya singkronisasi dan dukungan dari pemerintah, Kadin optimis pembangunan terminal LNG akan banyak membantu menunjang kebutuhan PLN ke depan yang mencapai 2.350 Million British Thermal Unit (MMBTu) untuk pasokan listrik. Di samping itu, terminal LNG akan membantu penyediaan pasokan gas yang besar guna memuluskan program produksi produk turunan dari beberapa bahan mentah, seperti crude palm oil (CPO).

Kadin juga berharap pengembangan industri di Indonesia sektor sumber daya gas bisa serius dan didukung pemerintah. Ini akan mengantisipasi kerugian negara ketika harga minyak dunia tengah tinggi. Kesiapan penggunaan gas cair akan dapat menggantikan kebutuhan bahan bakar untuk aktivitas perekonomian, industri nasional, trasnportasi dan rumah tangga.

Seperti diketahui, Kadin merupakan organisasi pengusaha Indonesia yang punya ragam tugas dalam rangka mendukung perekonomian nasional. Salah satu strategi yang digagas oleh Kadin yakni melakukan ragam pengembangan industri di Indonesia di sejumlah sektor. Industri yang berkembang pesat di tengah ketersediaan sumber daya alam diharapkan dapat mengaktrol peningkatan kesejahteraan masyarakat.