2017

8 Tips Yang Bisa Membantu Bunda Agar Anak Cepat Bicara

Agar anak dapat cepat bicara berbagai stimulasi harus dilakukan dengan konsisten. Stimulasi yang diberikan pada anak tidak menunggu usia anak 4-6 bulan namun stimulus yang diberikan harus sejak lahir. Disini peran orang tua sangatlah penting dalam mengembangkan keterampilan bicara pada anak. Karena penelitian menunjukan bahwa orang tua yang secara aktif melibatkan dirinya dalam stimulasi bisa membuat anak lebih kaya akan tata bahasa dan kosakata. Oleh karena itu berbagai cara agar anak cepat bicara perlu dilakukan oleh orang tua.

Pada dasarnya perkembangan bicara pada setiap anak berbeda- beda. Namun jika memasuki usia 2 tahun anak belum bisa mengucapkan satu kata pun, maka hal tersebut perlu diwaspadai. Bisa jadi anak mengalami gangguan keterlambatan bicara. Nah, agar anak bunda tidak mengalami keterlambatan bicara berikut ini tips atau cara agar anak cepat bicara:

cara agar anak cepat bicara
cara agar anak cepat bicara

1. Sering- seringlah mengajak anak bicara sejak usia bayi bahkan baru lahir.

Walaupun bayi tidak memahami apa yang diucapkan, namun sel- sel otak sarafnya telah mengkap sinyal tersebut dengan baik dan menyimpannya dalam memori. Sehingga semakin sering bunda mengajaknya bicara maka ia semakin banyak mengingat kosakata.

2. Ucapkan kosakata yang mudah dipahami

Dengan menggunakan kosakta yang mudah difahami maka anak akan mudah untuk menyerap dan juga melafalkan kosakata tersebut.

3. Mendongengkan cerita

Dengan mendongengkan cera kosakata yang diperoleh anak akan lebih banyak dan juga bervariasi sehingga dapat menambah kosakata dengan baik.

4. Menyanyikan lagu yang disukai anak

Menyanyikan lagu merupakan perantara yang baik untuk mengajarkan anak bicara karena menyanyi merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

5. Menanggapi setiap ucapan anak

Setiap ucapan yang dilontarkan anak walaupun itu ocehan yang belum memiliki arti namun bunda hendaknya menanggapinya dan juga senantiasa melakukan kontak mata ketika anak berbicara.

6. Mengajak bermain

Bermain merupakan aktivitas yang paling menyenangkan dan juga digemari oleh anak, maka ajaklah bermain yang bisa meningkatkan keterampilan bicaranya seperti, bermain lambang huruf, telpon- telponan, puzzle dan sebagainya.

7. Ajak anak bersosialisasi

Dengan bersosialisasi bisa menjadi cara untuk melatih bicara anak dan juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

8. Berikan asupan nutrisi

Nutrisi yang seimbang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Pemberian asupan nutrisi yang tepat juga mempengaruhi kecepatan perkembangan syaraf motorik dan sensorik anak. Misalnya susu pertumbuhan yang memiliki kandungan yang cukup untuk anak. Bunda dapat memilih susu pertumbuhan Dancow Gum yang sesuai dengan usia anak.

Dengan tips tersebut semoga dapat membantu anak bunda untuk cepat bicara dan bisa dijadikan panduan bagi bunda sebagai cara untuk mengajarkan anak bicara.