2017

Kebijakan Pembayaran Minimum Kartu Kredit Danamon

Minimum payment atau pembayaran minimum kartu kredit Danamon mengacu pada pembayaran yang dilakukan oleh nasabah kartu kredit sebesar 10% (rata-rata) dari jumlah terutang ditambah tagihan yang belum terbayar lunas di bulan sebelumnya (jika ada). Nasabah biasanya memilih membayar dengan metode pembayaran terendah karena tidak perlu membayar lunas seketika namun masih bisa mengalokasikan sisa uangnya untuk pembayaran tagihan lainnya.

Cara ini umum digunakan karena dapat memungkinkan catatan pembayaran Anda tetap lancar tanpa tunggakan sama sekali. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari catatan hitam (blacklist) Bank Indonesia yang bisa mempersulit pengajuan pinjaman di kemudian hari.

pembayaran minimum kartu kredit
pembayaran minimum kartu kredit

Dengan adanya layanan pembayaran minimum kartu kredit dari Danamon, Anda tidak perlu khawatir akan tagihan yang membengkak karena Anda dapat lebih leluasa mengatur pembayaran Anda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu. Menurut kebijakan Bank Indonesia pada masa darurat COVID-19, pembayaran kartu kredit Danamon mengalami penyesuaian suku bunga dan biaya keterlambatan mulai 1 Mei 2020. Suku bunga kredit yang semula 2,25% per bulan disesuaikan menjadi 2,00% per bulan.

Sedangkan biaya keterlambatan pembayaran yang semula 3% (dari total tagihan atau maksimal 150.000 rupiah per bulan) berubah menjadi 1% dari total tagihan (maksimal 100.000 rupiah per bulan). Ketentuan penyesuaian biaya keterlambatan ini berlaku mulai 1 Mei 2020 hingga 31 Desember 2020.

Bukan hanya suku bunga dan biaya keterlambatan saja, pembayaran minimum kartu kredit dari Danamon juga mengalami penyesuaian berdasarkan kebijakan masa darurat COVID-19 tersebut. Jika semula dipatok 10% dari total tagihan, maka sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia, minimum pembayaran kartu kredit Danamon berubah menjadi 5% dari total tagihan yang ada. Berikut ini daftar tarif serta biaya kartu Danamon VISA dan Mastercard yang dapat Anda jadikan acuan sebelum mengajukan pendaftaran kartu kredit.

Untuk biaya transfer pengembalian dana saldo kredit Anda hanya dikenakan 35.000 rupiah dengan biaya notifikasi 5.000 rupiah/bulan. Sedangkan biaya pembayaran kartu kredit melalui teller yang efektif mulai 1 Mei 2020 adalah 75.000 rupiah. Meski biaya dapat berubah sewaktu-waktu, Anda tidak perlu risau karena akan ada pemberitahuan sebelumnya.