2017

Ketahui tentang Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Deposito

Setiap bank tentunya memiliki berbagai fasilitas seperti tabungan, pembuatan kartu kredit, dan ATM. Dan tidak ketinggalan tabungan deposito. Bank seperti Bank Danamon memiliki produk penyimpanan yang cara setor maupun tariknya dalam jangka waktu yang ditentukan yang disebut dengan deposito. Berbeda dengan tabungan biasa yang dapat setor dan tarik tunai dengan bebas. Mulai dari waktu penarikan dan jumlah tunai yang ditarik. Namun sebelum anda memutuskan dalam memakai fasilitas yang sudah disediakan oleh bank, anda perlu mengetahui kelebihan dan kelemahan fasilitas tersebut.

Apakah ada kelebihan dan kelemahannya jika ingin menggunakan tabungan deposito? Tentunya ada. Yuk simak dan terapkan ulasan berikut yang menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan tabungan yang satu ini!

tabungan deposito
tabungan deposito

Kelebihan

  • Sangat Terjamin Keamanannya

Salah satu kelebihan dari deposito adalah terjamin keamanannya saat menyimpan uang di bank. Perlu anda waspadai bahwa menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah sangat membahayakan, karena banyak tindak kriminal yang mengintai di sekitar anda. Lebih baik anda menyimpan uang di bank jika jumlah nya banyak. Jika tindak kriminal mengintai di sekitar anda, tentunya keselamatan anda dan keluarga juga akan terancam. Oleh sebab itu, anda dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh deposito untuk menyimpan uang di bank.

  • Minimnya Resiko

Kelebihan selanjutnya yang dapat anda ambil dari menyimpan uang di bank dengan fasilitas deposito adalah minimnya resiko kerugian. Deposito adalah pilihan yang tepat untuk anda yang tidak menginginkan resiko. Deposito juga tidak dapat terkena pengaruh perkembangan pasar ekonomi.

Kelemahan

  • Tidak Ada Keterlibatan

Kekurangan yang pertama yang dimiliki oleh deposito adalah tidak adanya keterlibatan anda sebagai pemilik dana dalam mengelola dana yang anda miliki. Karena pengelolaannya dikerjakan oleh pihak bank sendiri. Oleh sebab itu anda hanya mendapatkan keuntungan bersih. Intinya anda tidak mendapatkan seluruh dana yang anda miliki.

  • Mengikuti Penurunan Nilai Mata Uang

Setiap masanya, nilai nominal semakin menurun.  Namun, jumlah uang yang dikeluarkan semakin banyak karena harga kebutuhan semakin naik.  Hal tersebut juga terjadi pada deposito anda yang menutupi kekurangan tersebut. Akibatnya anda tidak mendapatkan keuntungan deposito dengan jumlah besar.

Namun, kelemahan di atas tidak akan Anda temukan ketika mengajukan tabungan deposito di Bank Danamon. Karena di Bank ini Anda tidak akan menemukan tingkat suku bunga yang rendah, justru bunga yang lebih tinggi dan kompetitif. Selain itu, Bank Danamon juga memberikan keleluasaan yang sesuai dengan kebutuhan cash flow serta investasi jangka pendek yang memberikan keuntungan besar.