2017

5 Aplikasi yang Paling Sering Digunakan Kuliah Desain

Desain grafis kini sudah berkembang menjadi salah satu jurusan modern yang diminati banyak milenial. Beberapa universitas memasukan desain grafis pada jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV. Namun banyak juga yang menghadirkan desain grafis sebagai program atau jurusan tersendiri. Jika berminat kuliah desain, Anda tinggal mencari universitas atau institusi pendidikan yang menyediakan jurusan ini secara khusus.

Ketika berniat masuk jurusan desain, Anda sudah harus siap dengan berbagai macam software yang akan digunakan. Pasalnya pembuatan desain dalam jurusan ini memanfaatkan beberapa aplikasi komputer. Jadi Anda tidak akan berkutat dengan pensil dan kertas gambar namun dengan perangkat yang lebih canggih. Berikut ini ada 5 aplikasi yang akan paling sering Anda temui di perkuliahan:

kuliah desain
kuliah desain

CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi desain yang sudah lama populer dan digunakan oleh banyak orang. Anda bisa membuat berbagai macam bentuk serta desain menggunakan bentuk-bentuk dasar seperti bulat, kotak, segitiga, dan lain sebagainya. Pada umumnya aplikasi CorelDraw digunakan untuk membuat desain logo, poster, banner dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga berbasis vektor sehingga Anda bisa menggambar dengan mudah seperti menggunakan pensil dan kertas.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan aplikasi edit gambar yang paling populer. Jadi tidak heran jika banyak kampus dengan jurusan desain menggunakan aplikasi ini. Jika dibandingkan dengan CorelDraw, Adobe Photoshop memang memiliki tampilan yang lebih kompleks. Jadi Anda membutuhkan waktu untuk terbiasa menggunakannya. Apabila sudah terbiasa, Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik hasil foto, mengubah objek, mengubah latar belakang, dan lain sebagainya.

Adobe Illustrator

Aplikasi selanjutnya yang akan Anda temui ketika kuliah desain adalah Adobe Illustrator. Mirip dengan CorelDraw, aplikasi ini juga bisa mengolah foto dan gambar berbasis vektor. Biasanya kampus yang menggunakan Adobe Illustrator tidak menggunakan aplikasi CorelDraw dalam proses pembelajaran. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah variasi warna yang lebih lengkap sehingga Anda bisa bermain gradasi dengan lebih berani.

Adobe InDesign

Adobe memang dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan banyak sekali aplikasi editing. Selain Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, satu lagi aplikasi yang sering digunakan adalah Adobe InDesign. Biasanya Adobe InDesign digunakan untuk mendesain layout sebuah tabloid, majalah, ataupun koran. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur blur dan bisa membuat objek menjadi transparan.

Adobe Premiere

Aplikasi terakhir dalam daftar ini masih dikembangkan oleh perusahaan Adobe yaitu Adobe Premiere. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang kebanyakan digunakan untuk mengolah gambar, aplikasi ini digunakan untuk mengolah file berbentuk video. Beberapa kelebihan aplikasi ini yaitu bisa mengelola elemen video dengan praktis, bisa import berbagai macam jenis video, menyediakan banyak efek, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa aplikasi yang akan Anda temui jika kuliah desain. Namun sebenarnya aplikasi yang digunakan tergantung dari kampus yang dipilih. Pasalnya beberapa kampus juga menggunakan aplikasi seperti Adobe After Effect, Blender, Adobe Flash, Adobe Lightroom, dan lain sebagainya. Salah satu institusi yang menggunakan aplikasi-aplikasi di atas adalah IDS atau International Design School. Beberapa aplikasi yang digunakan yaitu Illustrator CC, Photoshop CC, Adobe InDesign, XD, dan After Effect. 

Anda bisa mempelajari aplikasi-aplikasi tersebut sebelum memasuki perkuliahan agar lebih familiar. Selain aplikasi yang familiar, IDS atau International Design School juga memiliki kelebihan di mana tim pengajarnya merupakan praktisi dari industri desain. Dengan tim pengajar berpengalaman maka Anda bisa mendapatkan banyak ilmu bermanfaat. Jika tertarik berkuliah di International Design School, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website idseducation.com.