2017

Tingkat kecerdasan yang perlu dilatih ketika anak-anak

Seorang anak yang bisa tumbuh dengan cerdas dan memiliki daya kreativitas tinggi tidak lepas dari perhatian dan dukungan dari kedua orang tuanya. Pada usia kanak-kanak Ayah maupun Bunda perlu memberikan stimulasi yang tepat untuk merangsang perkembangan kecerdasan sang Buah Hati. Ada 2 macam kecerdasan yang perlu dilatih sejak dini yaitu kecerdasan motorik dan kecerdasan kognitif. Kecerdasan kognitif merupakan kemampuan untuk memahami sesuatu hal yang baru dan segala macam hal yang berkaitan dengan kreativitas yang dimiliki. Salah satu kecerdasan kognitif yang perlu dimiliki adalah kemampuan membaca dan menulis. Belajar membaca dan menulis bisa dilatih sedini mungkin sehingga sang buah hati akan memiliki kemampuan yang lebih handal dan dan lebih siap ketika memasuki usia sekolah.

Salah satu teknik yang bisa dilakukan ketika ingin melatih anak belajar membaca dan menulis adalah dengan membiasakan mereka untuk membaca Kak aku sederhana dengan bantuan kedua orang tuanya. Salah satu contohnya adalah dengan membacakan buku dongeng secara rutin menjelang tidur. Hal tersebut menjadi salah satu aktivitas yang sangat baik untuk melatih kemampuan membaca dan mengembangkan daya imajinasi mereka. Sedangkan saat melatih untuk menulis orang tua bisa memberikan alat tulis sederhana berupa buku gambar dan mengarahkannya untuk berkreasi dengan gambar-gambar sederhana hingga mengajarkannya beberapa huruf kosakata. Selain kemampuan kognitif berupa belajar dan menulis, kejelasan berikut yang perlu dimiliki oleh seorang anak adalah kecerdasan motorik. Kecerdasan motorik terbagi menjadi dua macam yaitu kecerdasan motorik halus dan kecerdasan motorik kasar. Kecerdasan motorik halus berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata serta kedua tangan. Sedangkan kecerdasan motorik kasar merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan aktivitas yang menggunakan otot-otot besar seperti merangkak, duduk, berdiri, hingga berlari.

Selain melatih seorang anak untuk memiliki kemampuan kecerdasan kognitif yang baik seperti belajar membaca dan menulis, meningkatkan kecerdasan motorik pada anak-anak juga bisa dilatih dengan beberapa macam aktivitas sederhana salah satu contohnya adalah melipat kertas. Permainan melipat kertas merupakan permainan yang sangat mudah untuk dilatih kepada anak-anak. Orang tua bisa mengajarkan beberapa aktivitas sederhana seperti melepas kertas menjadi 2 bagian Dengan lurus serta dengan ukuran yang sejajar. Bantu mereka ketika melakukan aktivitas tersebut hingga merasa antusias dan mampu membuat bentuk dan ukuran yang sederhana. Aktivitas selanjutnya adalah menghubungkan gambar.-titik.

Permainan selanjutnya yang bisa dilatih untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak adalah permainan menggemburkan gambar.. Menjadi sebuah garis. Aktivitas ini bisa diawali dengan menyediakan gambar dengan pola yang belum terhubung serta karakter yang disukai oleh anak-anak. Membiasakan aktivitas tersebut tentunya akan sangat baik untuk perkembangan motorik halus sang Buah Hati.