2017

Inilah Strategi Periklanan yang Bagus yang Harus Diketahui

Iklan adalah salah satu strategi yang penting di dalam sebuah pemasaran. Fungsi dari periklanan atau advertising sendiri tidak hanya sekedar mengenalkan produk atau jasa Anda kepada audiens. Di sisi lain, strategi ini juga bertujuan untuk mengenalkan apa saja keunggulan produk Anda sehingga audiens yang melihat kampanye advertising Anda menjadi tertarik.

Tips Advertising yang Baik dan Benar

Pada dasarnya, setiap pelaku usaha wajib mengetahui bagaimana cara membuat advertising yang baik dan benar untuk bisnisnya. Bagi yang belum tahu strateginya, berikut ini kami sudah merangkumnya untuk Anda.

1.  Menentukan Target Pasar

Mulailah dengan cara meriset atau meneliti kebiasaan dan preferensi target pelanggan sebelum meluncurkan iklan. Identifikasi siapa yang akan menjadi pelanggan Anda. Selain itu, carilah apa masalah yang sedang mereka hadapi terkait produk atau jasa yang sedang mereka cari.

Setelah mengetahuinya, selanjutnya Anda buat advertising yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan Anda hadir untuk menjadi solusinya dengan menawarkan produk atau jasa tersebut. Dengan begitu, tingkat ketertarikan audiens menjadi meningkat.

Periklanan

2.  Mengetahui Respon Terhadap Iklan

Target audiens dalam merespon sebuah iklan berbeda-beda. Maka dari itu, Anda juga harus mengenali nya agar bisa membuat sebuah advertising yang baik dan benar sehingga bisa mendapatkan respon yang positif dari para audiens yang melihatnya.

Audiens yang melihat iklan produk atau jasa yang Anda miliki harus bisa memutuskan untuk membelinya. Dengan begitu, potensi mendapatkan untung yang lebih besar pun menjadi lebih mudah.

3.  Cari Referensi Jenis Ikan

Tidak sulit untuk mencari referensi iklan yang relevan dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Iklan berupa video bisa Anda cari di Youtube, sedangkan untuk yang berupa tulisan bisa Anda cek di Google.

Cari tahu jenis iklan seperti apa yang kini tengah populer dan disukai oleh audiens. Dengan begitu, iklan yang Anda buat bisa lebih menarik sehingga audiens akan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

4.  Sesuaikan Iklan dengan Target Audiens

Sebaiknya Anda juga membuat jenis iklan yang sesuai dengan target audiens Anda. Contohnya seperti, jika Anda menjual sebuah perhiasan mewah dan elegan, maka iklan yang dibuat dan disampaikan harus bersifat formal. Artinya jenis iklan harus relevan dengan customer Anda.

Contoh lainnya, jika produk Anda adalah sebuah hijab untuk remaja atau anak sekolah, maka iklannya bisa Anda buat casual. Begitu juga dengan jenis-jenis produk atau jasa yang lainnya.

5.  Melakukan Riset Terkait Isi Pesan

Di dalam sebuah iklan harus terselip sebuah pesan yang bisa berdampak pada produk atau jasa Anda di pasar. Anda harus menemukan model iklan yang menonjolkan segmen pasar tertentu dengan cara merancang daya tarik produk atau jasa.

Untuk membuat sebuah pesan yang powerful, Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait isi pesan yang sering digunakan oleh perusahaan lain. Namun pastikan Anda tidak meniru dari orang lain.

Kesimpulan

Membuat iklan tidak boleh dilakukan secara terburu-buru. Pertama-tama Anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar jenis dan kualitas iklan Anda bisa tersampaikan secara sempurna.

Bagi Anda yang saat ini masih bingung membuat iklan yang bagus dan menarik, kini Anda bisa mengonsultasikannya di Ideoworks.id yang siap membantu membuat kampanye iklan berkualitas.

Itulah informasi penting seputar tips membuat periklanan yang baik dan benar agar produk atau jasa Anda semakin dikenal.