2017

3 Masalah Krusial Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid atau biasanya kita menyebutnya dengan menstruasi yaitu terjadi saat lapisan dinding Rahim mengalami peluruhan. Hal ini terjadi pada wanita untuk setiap bulannya, sehingga menyebabkan pendarahan. Siklus ini pada umumnya normal berlangsung kurang lebih selama 21-35 hari dengan memiliki waktu mens sekitar 2 sampai 7 hari. Namun biasanya juga terjadi haid tidak teratur.

Dalam masalah haid tidak teratur ini, setidaknya ada 3 masalah yang krusial yaitu:

Adanya Hormon yang tidak seimbang

Penting ini untuk Anda ketahui, bahwasannya hormone yang tidak seimbang ini bisa memicu haid yang tidak teratur. Biasanya karena pubertas, menopause, melahirkan serta menyusui ini sebagai salah satu fase yang dimana kadar hormone seorang wanita mengalami penurunan yang cukup drastic.

haid tidak teratur
                                                                        haid tidak teratur

Biasanya pada masa ini yang Namanya esterogen dan progesterone biasanya akan masih berubah-ubah kadarnya, sehingga ini menyebabkan jadwal haid Anda menjadi sulit untuk ditebak.

Pada saat menjelang masa menopause biasanya seorang wanita akan lebih sering haid atau bisa jadi sangat jarang. Selain adanya fase-fase tersebut hal lain yang menjadi kadar hormone tidak seimbang yaitu alat kontrasepsi yaitu berupa Pil KB ddan IUD, biasanya dari kedua alat kontrasepsi ini menjadikan wanita mengalami haid tidak teratur.

Selain itu, juga bisa stres yang parah, ini masuk dalam ketidakseimbangan hormone yang ada di dalam tubuh. Pada saat stress biasanya tubuh dalam hal ini akan memproduksi hormone kortisol. Biasanya kadar hormon yang berlebihan ini akan dapat memengaruhi bagian otak yang memiliki peran untuk mengatur mens. Akibatnya dalam hal ini siklus Anda bisa menjadi lebih cepat, lambat, atau menjadi tidak sama sekali.

Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastic

Kenaikan atau penurunan berat badan juga menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Hal ini dikarenakan penurunan berat badan yang drastis biasanya akan menghambat produksi hormon estrogen. Sementara itu kalau Anda mengalami kelebihan berat badan, maka tubuh dalam hal ini juga akan menghasilkan estrogen dengan jumlah yang banyak.

Disebabkan Oleh Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS ini merupakan penyakit dari adanya kelebihan hormone pada laki-laki dan wanita. Kondisi yang demikian ini bisa menjadi pemicu munculnya kista yang ada di ovarium sehingga bisa menjadikan wanita tidak bisa melepaskan sel telur setiap bulannya.

Nah itulah beberapa penyebab haid tidak teratur yang sangat penting untuk para kaum wanita ketahui.