2017

6 Tips Agar Ibu Hamil Tidak Terlalu Gemuk

Menjaga kesehatan saat hamil sangat penting diperhatikan. Namun, sehat tidak selalu identik dengan gemuk. Asalkan asupan nutrisi terjaga, ibu hamil tidak harus gemuk. Kadang Bunda berpikir, mengapa berat badan bisa meningkat sangat drastis saat hamil? Beberapa ibu lainnya mungkin menanyakan hal ini. Sayangnya, sangat jarang ditemukan ibu hamil yang pertambahan berat badannya sedikit. Meskipun banyak anggapan bahwa  saat hamil harus makan dobel agar sehat, hal ini kurang tepat.

Makan dobel tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi justru akan menyebabkan obesitas. Bila ini terjadi, maka akan membahayakan janin. Oleh karena itu, Bidan Sela menganjurkan enam tips berikut ini agar Bunda tidak gemuk saat hamil. Berat badan bayi hanya di kisaran 3 sampai 3,5 kg saja. Namun, penambahan berat badan bisa jauh melampaui angka itu. Hal ini disebabkan beberapa hal, diantaranya rahim yang melebar, adanya ari-ari bayi, simpanan lemak pada ibu hamil, serta peningkatan aliran darah dan jumlah cairan darah.

ibu hamil
                                                                     ibu hamil

Dan berikut tips memilih makanan yang sehat untuk ibu hamil  :

  1. Memilih Makanan yang Sehat

Buah dan sayur adalah makanan tinggi serat yang wajib bagi Bunda saat hamil karena melancarkan pencernaan. Minum susu setidaknya 2 sampai 4 gelas sehari dan pilih yang rendah lemak. Jangan lupa, hindari makanan olahan karena umumnya kadar gula atau natriumnya tinggi

  1. Tidak Banyak Makanan yang Digoreng

Bunda sebaiknya memakan makanan yang di kukus atau direbus agar tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng. Konsumsi minyak goreng berlebih akan menambah asupan lemak trans, meningkatkan risiko berbagai penyakit, dan merusak bakteri baik di usus.

  1. Melakukan Olahraga secara Rutin

Jangan jadikan hamil alasan tidak berolahraga. Bunda bisa melakukan yang ringan seperti yoga, jalan santai, atau berenang.

  1. Tidak Makan Terburu-buru

Bunda harus mengunyah pelan-pelan setiap makanan untuk membantu kerja lambung. Bila terburu-buru, akan menyebabkan gula darah meningkat dan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

  1. Menimbang Berat Badan Setiap Minggu

Rutinkan setiap minggu menimbang dan mencatat berat badan Bunda. Mengontrol berat badan akan mempermudah memulai tindakan untuk mengembalikan berat badan ke posisi ideal.

  1. Mengurangi Karbohidrat dan Menambah Protein

Mengonsumsi karbohidrat berlebih saat hamil adalah pemicu badan menjadi gemuk. Sebaiknya ganti dengan menambah asupan protein, seperti putih telur rebus, ikan salmon, dan tahu.

Jangan bosan menjaga kesehatan dengan mengontrol setiap makanan yang akan dikonsumsi, ya, Bunda. Setelah melahirkan nanti, Bunda akan merasakan besarnya manfaat menjaga asupan makanan saat hamil.