2017

3 Ciri Pertumbuhan Anak yang Wajib Dicatat Setiap Orang Tua

Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas. Namun, sedikit orangtua yang mengenal ciri pertumbuhan anak, yang padahal hal tersebut sangat penting untuk diketahui. Dengan mengenal ciri-cirinya, bunda bisa turut mengoptimalkan tumbuh kembang mereka secara optimal.

Untuk mengenalinya, berikut kami jelaskan ciri-cirinya kepada Anda. Yuk, langsung simak saja penjelasannya berikut ini:

  1. Perkembangan Lingkar Kepala Anak

Pertumbuhan si kecil juga bisa kita lihat dari pertumbuhan lingkar kepala si kecil. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala hingga usianya 2 tahu. Lingkar kepala anak pada usia 10 tahun biasanya akan naik sekitar 10 cm. Sebagai informasi, saat lahir si kecil memiliki lingkar kepala 43 hingga 46 cm.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ukurannya berbeda sedikit dari ukuran yang kami jelaskan di atas. Sedangkan jika intervalnya cukup jauh, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Ciri Pertumbuhan Anak
Ciri Pertumbuhan Anak
  1. Tinggi Badan Bayi Bertambah

Tinggi badan menjadi salah satu hal yang mudah kita kenali. Karena, pertumbuhan tinggi badan si kecil akan terus bertambah. Tinggi badan si keicl bisa mencapai 50% dari panjang badan si kecil pada saat lahir.

Umumnya, anak-anak di Indonesia memiliki tinggi sekitar 60 hingga 70 cm pada usia 1 tahun. Maka dari itu, periksalah secara rutin pertumbuhan tinggi mereka.

  1. Kenaikan Berat Badan si Kecil

Selain tinggi badan, pertumbuhan si kecil juga bisa kita lihat dari kenaikan berat badan si kecil. Anda juga bisa mengenalinya dari kenaikan berat badannya di masa periode emas. Umumnya, anak akan lahir dengan kenaikan berat badan normal antara 150 gram hingga 200 gram per minggunya.

Sedangkan pada usianya yang ke-6 hingga 12 bulan, kenaikannya akan bertambah sekitar 85 hingga 140 gram per minggunya. Anda harus memantau pertumbuhan berat badannya secara berkala. Si kecil yang mengalami kenaikan badan secara normal, maka bisa dipastikan mereka sehat.

Nah, itulah beberapa ciri pertumbuhan anak di masa periode emas yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk mengetahui ciri-cirinya karena tergolong sangat mudah sekali untuk kita perhatikan. Semoga bermanfaat.