2017

Perhatikan Tips Memilih Cincin Berlian Berikut Ini

Ketika pertama kali mendengar kata berlian, pasti yang ada di pikiranmu adalah mahal, mewah, dan indah. Tentu saja, semua orang tentu terkagum-kagum dengan jenis batu istimewa satu ini, tapi tidak semua orang dapat memilikinya. Berlian merupakan salah satu kategori perhiasan paling mewah dengan nilai harga yang sangat tinggi. Berlian juga bisa berupa cincin, kalung berlian, atau perhiasan lainnya. Perhiasan berlian juga akan sangat indah sekali apabila dijadikan sebagai diamond wedding ring sehingga membuat pasangan semakin terpesona.

Berlian juga sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai barang investasi. Tentu ini bukan hal yang sulit jika memang niat untuk mempelajari, memahami, dan mempraktekannya. Pada dasarnya, terdapat beberapa syarat yang memang harus dipenuhi terlebih dulu sebelum memulai investasi berlian. Tentu saja hal ini berkaitan dengan orisinalitas berlian dan juga resiko dari jumlah uang yang kamu keluarkan untuk sebuah berlian.

diamond wedding ring
diamond wedding ring

Selain itu, bentuk dari berlian juga memiliki pengaruh baik untuk kepentingan investasi maupun sekedar hobi. Maka dari itu kamu harus memperhatikan beberapa hal dan sangat penting untuk cermat dalam hal memilih berlian baik itu dalam bentuk cincin berlian ataupun dalam bentuk lain seperti kalung dan perhiasan lainnya.

Maka akan jauh lebih baik jika kamu mencari berbagai referensi mengenai berlian sebelum mulai berinvestasi berlian. Berikut ini mungkin akan sangat membantu kamu dalam hal memilih sebuah berlian.

Dapat Membedakan Berlian

Hanya sebagian orang yang dapat membedakan keaslian sebuah berlian, tentunya hanya orang-orang yang terlatih dan sudah berpengalaman saja yang memiliki kemampuan tersebut. Beberapa sumber menjelaskan bahwa berlian menghasilkan pantulan cahaya putih atau abu-abu dan berlian asli tidak akan memantulkan cahaya lain atau warna-warni. Selain itu, berlian asli juga tidak merefleksikan bayangan dengan jelas.

Berikut ini merupakan ciri dari berlian asli:

  1. Batu berlian merupakan salah satu batu alam yang keras, tidak mudah retak, apalagi pecah.
  2. Jika kamu menghembuskan nafas pada sebuah batu berlian dan batu tersebut tidak berembun maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut asli.
  3. Berlian juga tidak mudah gores ketika terkena gesekan dengan benda lain karena teksturnya yang keras dan kokoh. 
  4. Berlian asli ketika dimasukkan ke dalam air maka tidak akan tenggelam begitu saja. Namun, berlian palsu akan langsung tenggelam ke dasar air jika ditenggelamkan. Perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku pada sebuah batu berlian. Berbeda halnya jika berlian tersebut sudah divariasikan dengan bentuk cincin, kalung berlian, atau perhiasan lainnya.
  5. Keaslian sebuah berlian dapat diuji dengan ketahanannya akan suhu tinggi. Berlian yang asli tidak akan hancur atau meleleh jika terpapar langsung dengan suhu yang cukup tinggi.

Karakteristik Berlian

Pada umumnya, berlian yang paling banyak dikenal dan digemari adalah berlian dengan round cut dan potongan berlian ini juga banyak diperjual-belikan di pasar. Dan, berlian ini pun juga sangat mudah dibentuk dan dijadikan perhiasan apapun seperti misalnya wedding ring. Maka dari itu berlian dengan potongan ini sangat mudah ditemukan dan disukai banyak orang terutama bagi yang baru memulai berinvestasi berlian.

Selain round cut, ada juga bentuk lainnya seperti cushion, marquise, fancy shapes, oval, dan bentuk potongan lainnya. Hampir segala bentuk berlian dijual dengan nilai harga yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan keindahannya yang sepadan dengan harga tinggi.

Batu berlian nan istimewa ini pun memiliki karakteristiknya sendiri. Bagi para penggemar berlian tentu sudah mengenal pembagian sebuah berlian dalam bentuk 4C yaitu Color (warna), Cut (potongan), Carat (karat), dan Clarity (kejernihan). Dari prinsip 4C ini juga dapat dijadikan sebagai pedoman sebelum memulai berinvestasi dengan berlian.