2017

7 Gejala Distemper Anjing yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit distemper sepertinya masih asing bagi Anda yang baru pertama kali memelihara anjing. Distemper anjing sendiri termasuk penyakit yang menular dari anjing satu ke anjing lainnya. Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Pasalnya banyak anjing yang mengalami kematian karena penyakit distemper. Agar bisa melakukan penanganan, Anda wajib mengetahui gejala penyakit distemper pada anjing berikut ini:

Demam Tinggi

Anjing yang mengalami distemper biasanya memiliki suhu badan yang tinggi. Biasanya suhu badannya mencapai 41 derajat celcius, sementara suhu normalnya antara 38 hingga 39.5 derajat celcius. 

Ingus Pada Hidung

Gejala ini termasuk gejala sederhana namun bisa menjadi tanda bahwa anjing Anda mengalami distemper. Hidung anjing akan keluar ingus yang cukup banyak dan warnanya sedikit kekuningan.

Distemper anjing

Nafsu Makan Hilang

Jika anjing yang biasanya lahap tiba-tiba kehilangan selera makan, Anda wajib mewaspadainya. Saat nafsu makan mulai menurun, Anda bisa mencari makanan lezat yang bisa meningkatkan nafsu makan mereka.

Muntah Diare

Gejala distemper anjing selanjutnya yaitu mengalami muntah diare. Gejala ini biasanya terjadi jika distemper pada anjing sudah mulai parah. Hentikan pemberian makan sementara waktu untuk mengatasi diare.

Terdapat Benjolan Bernanah

Benjolan bernanah pada anjing yang mengalami distemper biasanya terdapat pada bagian perut. Hati-hatilah saat merabanya karena isi dari benjolan tersebut nanah. Pasalnya jika pecah, malah akan berbahaya.

Radang Pada Mata

Radang mata menjadi gejala lainnya yang terjadi pada anjing. Radang pada mata ini kemudian diikuti dengan kotoran mata yang banyak, tebal, dan juga berwarna kuning. Bersihkan secara rutin agar tidak mengganggu penglihatannya.

Kejang-Kejang

Jika sudah masuk ke tahapan kejang-kejang, maka Anda harus segera melakukan penanganan lebih lanjut. Hindari memegang mulut anjing saat mereka kejang-kejang. Pasalnya jika hal tersebut terjadi, anjing bisa menggigit lidahnya.

Itulah beberapa gejala distemper anjing yang perlu Anda ketahui. Segera bawa anabul ke dokter hewan apabila mereka mengalami gejala di atas. Penanganan yang tepat bisa menyelamatkan hewan kesayangan Anda. Selain melakukan penanganan, Anda juga wajib melakukan pencegahan. Salah satunya yaitu dengan memberikan makanan yang bernutrisi sehingga daya tahan tubuh anjing kuat. Royal Canin menyediakan makanan anjing yang sehat dan bergizi sesuai kebutuhan anjing.