2017

5 Layanan yang Didapat Peserta Jika Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial beroperasi untuk memberikan jaminan dalam bidang kesehatan dan ketenagakerjaan. Kedua hal ini dianggap penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan jaminan ini, diwajibkan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta dan selanjutnya harus bayar tagihan BPJS

Dalam aturannya, terdapat syarat dan ketentuan khusus mengenai siapa saja yang berhak mendapatkan jaminan berikut dengan hak dan kewajibannya. Selain itu, ada pula pengaturan soal pembagian kelas penanganan yang kemudian menentukan besaran iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sementara dalam hal jenis perawatan, BPJS bisa dimanfaatkan untuk beberapa jenis layanan berikut ini.

  1. Pelayanan Medis Tingkat Pertama

Layanan pertama yang bisa didapatkan para peserta adalah layanan kesehatan perorangan yang bersifat primer atau non spesialistik. Pelayanan tersebut meliputi layanan rawat jalan dan rawat inap yang disediakan oleh puskesmas, dokter praktik mandiri, serta dokter gigi yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, layanan tersebut juga bisa diakses pada klinik pertama maupun faskes tingkat pertama dari TNI atau Polri serta RS Kelas D pertama atau setaranya. Peserta juga bisa pelayanan dari faskes penunjang seperti apotek dan laboratorium. 

Bayar Tagihan BPJS
  1. Perawatan Jalan Tingkat Pertama (RJTP)

Peserta dari BPJS Kesehatan juga bisa memperoleh RJTP pada layanan kesehatan berupa pengobatan dan pencegahan. Tidak hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan penyuluhan kesehatan ataupun imunisasi rutin pada pelayanan promosi kesehatan dan pencegahan. Uniknya, peserta dapat pula memanfaatkan pelayanan keluarga berencana seperti konseling, pelayanan kontrasepsi, dan tubektomi serta vasektomi yang dilakukan bersama BKKBN. Selama menjadi peserta BPJS Kesehatan, peserta akan dijamin seluruh biaya kesehatannya. 

  1. Perawatan Inap Tingkat Pertama (RITP)

Layanan selanjutnya yang bisa didapat peserta jika rutin bayar tagihan BPJS Kesehatan adalah pelayanan rawat inap di tingkat pertama atau RITP. Dalam layanan ini, BPJS Kesehatan menanggung banyak jenis. Mulai dari pendaftaran, administrasi, akomodasi dari rawat inap, pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, hingga tindakan medis primer. Di samping itu peserta BPJS juga bisa mendapatkan layanan kebidanan, ibu, balita, dan bayi seperti persalinan normal bahkan persalinan cesar. 

  1. Layanan Medis Rujukan Tingkat Lanjutan

Layanan medis rujukan tingkat lanjutan merupakan upaya pelayanan medis perorangan yang bersifat spesialistis ataupun subspesialistis. Layanan tersebut berupa rawat jalan, rawat inap di tingkat lanjutan, serta rawat inap pada ruang khusus. Layanan ini bisa diakses di klinik utama, fasilitas kesehatan tingkat setara, RS umum milik swasta atau pemerintah, RS khusus, serta fasilitas kesehatan penunjang seperti apotek, laboratorim, dan optic. Biasanya layanan ini diperuntukkan kepada peserta yang memiliki penyakit yang membutuhkan spesialis. 

  1. Perawatan Inap Tingkat Lanjutan (RITL)

Dikenal sebagai penyedia jaminan kesehatan dengan tagihan iuran yang relatif murah bukan berarti tidak bisa digunakan untuk penderita penyakit serius. BPJS Kesehatan telah berkomitmen dan terus berupaya untuk memberikan bantuan terbaik kepada semua pesertanya, tak terkecuali bagi penderita penyakit serius. Dengan layanan RITL ini, peserta yang membutuhkan perawatan khusus akan mendapatkan layanan berupa perawatan inap baik yang non intensif maupun intensif. Seperti ICU, NICU, ICCU, dan PICU. 

Semua layanan terbaik tersebut bisa didapatkan dengan rutin bayar tagihan BPJS Kesehatan. Dalam hal pembayaran pun BPJS juga memberikan kemudahan. Para pesertanya bisa membayar iuran melalui aplikasi SimobiPlus milik Bank Sinarmas yang terjamin aman dan terpercaya.