2017

Mengetahui Penilaian Warna Pada Liontin Berlian Asli

Liontin dengan berlian menjadi favorit para wanita karena keindahannya. Namun ternyata keindahan berlian dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu yang mempengaruhi kualitas dan keindahan berlian adalah color atau warna. Khusus untuk berlian berwarna putih, berlian yang paling berkualitas adalah berlian yang tidak memiliki warna. Hanya para ahli pemeringakat bersertifikat saja yang bisa menentukan kualitas warna dari liontin berlian asli

Biasanya kualitas warna tersebut bisa Anda lihat melalui sertifikat liontin saat membelinya. Sebelum membeli liontin, ada baiknya Anda mengetahui penilaian warna tersebut. Penilaian berikut ini berdasarkan Gemological Institute of America (GIA):

Skala D (Benar-Benar Tidak Berwarna)

Nilai warna berlian yang paling tinggi adalah berlian D. Berlian ini sangat langka dan harganya juga sangat tinggi. Jika dilihat secara langsung, berlian D seperti tidak ada warna sama sekali.

Skala E (Tidak Berwarna)

Satu tingkat di bawah berlian D adalah berlian E. Berlian ini juga sama seperti berlian D, cukup langka dan sulit ditemukan. Perbedaan kecil antara warna D dan E sulit dideteksi kecuali oleh mereka yang terlatih. Namun dibandingkan warna D, warna E masih lebih sering dibeli pelanggan.

Skala F (Tidak Berwarna)

Skala F juga termasuk berlian yang tidak berwarna sehingga hanya ahli saja yang bisa membedakan dengan berlian D dan E. Jika menginginkan berlian yang tidak berwarna namun berlian D sangat langka, Anda bisa memilih berlian F. Pasalnya berlian D-F adalah berlian yang tidak memiliki warna.

liontin berlian asli

Skala G (Hampir Tidak Berwarna)

Berlian skala G memiliki sedikit warna, namun hampir tidak berwarna. Sulit mendeteksinya kecuali dibandingkan secara langsung dengan berlian skala D-F.

Skala H (Hampir Tidak Berwarna)

Berlian skala H pada liontin berlian asli memiliki nilai yang sangat baik. Berlian ini sudah memiliki corak kuning sama namun masih sulit dideteksi kecuali dibandingkan dengan yang kualitasnya lebih tinggi. Sulit untuk membedakan antara berlian warna G dan H.

Skala I (Hampir Tidak Berwarna)

Berlian dengan skala I terbilang masih sangat bagus. Warna kuning yang ada pada berlian ini masih sulit untuk dideteksi. Berlian dengan skala I cocok dipadukan dengan yellow gold atau emas kuning.

Skala J (Hampir Tidak Berwarna)

Meskipun hampir di tingkatan akhir, namun berlian skala J masih cukup bagus. Warna kuning muda yang ada masih sulit dideteksi kecuali dibandingkan dengan skala lebih tinggi. Sama seperti berlian I, berlian J juga cocok dengan emas kuning.

Skala K (Redup)

Meskipun termasuk warna berlian yang redup, namun berlian K masih bisa dijadikan pilihan. Warna ini mampu memberikan nilai yang tinggi ketika melihat bobot karat. Ada warna samar yang masih sulit untuk dideteksi.

Skala L-Z (Warna Redup ke Pudar)

Skala terakhir adalah berlian warna L-Z. Warnanya bisa terlihat secara langsung tanpa alat apapun. Berlian yang berada pada skala L-Z harganya cukup terjangkau. Berlian L memiliki harga sekitar setengah dari berlian G.

Itulah penilaian warna atau color pada liontin berlian asli. Jika ingin menentukan warna berlian, Anda bisa menyesuaikan nya dengan anggaran. Berlian skala D adalah yang paling mahal dan langka, sedangkan L-Z adalah yang paling terjangkau. Berlian di bawah satu karat sudah akan terlihat bagus apabila memiliki skala I, J, atau K.

Anda yang menginginkan liontin indah bisa membelinya di The Palace. Tidak hanya indah saja, koleksinya juga lengkap dan menarik. Banyak koleksi liontin yang dapat Anda pilih sesuai selera. Informasi mengenai koleksi The Palace bisa didapatkan di www.thepalacejeweler.com