2017

Pemula Harus Paham Cara Kerja Alat Detektor Logam Emas Berikut!

Tanah memiliki banyak sekali harta karun yang terpendam. Tidak sedikit orang yang memiliki hobi mencari harta karun, terutama emas di dalam tanah. Selain menyenangkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Alat detektor logam emas dibutuhkan untuk mendeteksi letak bongkahan emas. Alat tersebut mampu menemukan keberadaan emas sehingga mempermudah pencarian emas.

Salah satu hal yang membuat penasaran dari alat tersebut tentu saja adalah cara kerjanya. Sebenarnya bagaimana sih cara kerjanya? Berikut pembahasannya:

Cara Kerja Detektor Logam Emas

Cara kerja sebuah alat detektor logam atau emas sebenarnya cukup sederhana. Alat tersebut akan mentransmisikan medan elektromagnetik ke dalam tanah atau medan lain yang dipilih. Benda emas sebagai target yang ada di dalam tanah akan menjadi energi lalu mentransmisikan ulang medan elektromagnetiknya. 

Selanjutnya kumparan alat pendeteksi akan menerima sinyal tersebut. Selanjutnya ditransmisikan ulang serta memberitahu pengguna hasil respon dari target. Alat detektor mampu membedakan antara target yang diinginkan dan tidak diinginkan. Apabila menemukan target yang tidak diinginkan, maka alat akan mengabaikannya.

alat detektor logam emas

Ada beberapa komponen dalam mendeteksi emas yang perlu Anda pahami yaitu:

  1. Control box

Komponen pada alat pendeteksi satu ini berisi elektronik detektor. Pada komponen ini, sinyal transmisi dihasilkan dan sinyal penerima akan diubah menjadi respon target. 

  1. Search coil

Koil atau coil termasuk komponen yang sangat penting dalam sebuah alat pendeteksi. Fungsi utamanya yaitu mentransmisikan medan elektromagnetik ke dalam tanah. Fungsi lain yaitu menerima medan elektromagnetik yang dikembalikan oleh target. Ukuran dan bentuk dari komponen satu ini sangat beragam.

  1. Target

Target merupakan benda logam yang bisa dideteksi oleh detektor. Dalam hal ini yang menjadi target tentu saja logam emas baik itu berupa serpihan ataupun bongkahan. Selain logam, target juga bisa berupa koin, harta karun, atau logam lain.

  1. Target yang tidak diinginkan

Target merupakan logam yang ingin dideteksi. Selain ada target, ada juga target yang tidak diinginkan. Target yang tidak diinginkan adalah sesuatu selain emas yang tidak ingin diambil, contohnya logam paku, besi, dan lain sebagainya. Apabila fitur ini diaktifkan, maka tidak akan ada respon selain untuk emas.

  1. Pancarkan medan elektromagnetik

Hal selanjutnya yang perlu Anda pahami pada saat mendeteksi keberadaan logam adalah pancarkan medan elektromagnetik. Medan elektromagnetik yang dipancarkan nantinya bisa memberi energi pada target sehingga mampu dideteksi oleh alatnya.

  1. Medan penerima elektromagnetik

Ada juga medan penerima elektrogagnetik. Medan ini dihasilkan oleh target logam yang berada di dalam tanah. Setelah target diberi energi, selanjutnya target menghasilkan medan elektromagnetik yang diterima oleh search coil.

  1. Respon target

Hal terakhir yang harus Anda pahami pada alat pendeteksi emas yaitu respon target. Setelah mendeteksi keberadaan emas, detektor akan menghasilkan respon yang bisa didengar oleh pengguna, contohnya bunyi bip. Respon target ini sesuai dengan produk yang Anda beli karena beda produk beda juga responnya.

Rekomendasi Detektor Logam Emas

Minelab merupakan brand yang menjual produk-produk detektor logam, termasuk detektor logam emas. Produknya beragam mulai dari level pemula, menegah, hingga profesional. Rekomendasi produk untuk level pemula adalah GOLD Monster 1000.

Produk satu ini memiliki fitur operasi otomatis sehingga cocok untuk pemula. Tidak hanya emas saja, GOLD Monster 1000 juga bisa melakukan deteksi deep all-metal. Harganya terbilang cukup terjangkau untuk pemula yaitu Rp21.286.000.

Itulah pembahasan mengenai cara kerja alat detektor logam emas. Sudah menemukan alat yang tepat? Jika membutuhkan informasi lain seputar Minelab, Anda bisa mengunjungi website-nya di alamat www.minelab.co.id